Rabu, Juli 27, 2016

Perlindungan Diri Melalui Asuransi

Ini kisah lama. Kala itu, saya mendengar ada salah satu rekan saya yang kecelakaan sepeda motor. Saat hendak berangkat kantor, motornya ditabrak dari belakang oleh mobil. Ia terjatuh. Luka lecet dan luka terbuka di kakinya. Saya langsung ke rumah sakit tempat ia di rawat. Saat pertama kali menjumpainya, ia menangis. Saya masih terbayang wajahnya yang sedih saat ia duduk di kursi roda. Untuk melangkah menurutnya masih agak sakit. Sesekali ia meringis, memegang kakinya yang luka. Ia yang sudah terbiasa mengendarai motor kemanapun, tak menyangka akan mengalami kejadian seperti ini.

Saya mencoba menguatkannya. Siapapun yang mengalami kerjadian seperti ini tentu shock, kaget. Setelah nemaninnya, saya pun pamit pulang. Kejadian seperti ini membuat saya semakin sadar, segala sesuatu selalu terjadi, tanpa kita pernah tahu. Kita tidak bisa tahu apa yang akan terjadi nanti sore, malam atau besok. Bahkan ada yang bilang, kita tidak bisa tahu apa yang akan terjadi lima menit kemudian.

Segala sesuatu yang bisa terjadi kapan saja, membuat saya semakin menyadari bahwa manusia hanya bisa merencanakan tapi keputusan bukan di tangan saya. Tapi di tangan-Nya. Seperti kisah teman saya itu. Rencananya ingin ke kantor, tapi malah di rumah sakit. 

Sumber: pixabay.com

Kesehatan, merupakan salah satu hal yang terpenting yang harus dijaga. Ada yang bilang, sehat itu mahal harganya. Apalagi saat mengalami kecelakaan. Ini tentu membutuhkan biaya yang mahal untuk pengobatan juga pemulihan. Bentuk perlindungannya pun dibutuhkan. Salah satunya asuransi. Asuransi ada beberapa pilihan dan salah satunya adalah asuransi kecelakaan diriPemilihan produk asuransi kini lebih mudah dengan adanya Futuready.com. Nah, futuready.com ini adalah portal untuk membeli asuransi.  Salah satunya asuransi kecelakaan diri. Saat saya membuka websitenya, saya melihat banyak pilihan asuransi dari berbagai vendor. Produk-produk asuransi yang ditawarkan beragam. Mulai dari asuransi perjalanan, asuransi kesehatan hingga asuransi kecelakaan. Sebelum memilih asuransi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Pilih Perusahaan yang Terpercaya
Perusahaan asuransi saat ini banyak. Cari perusahaan asuransi yang memiliki track record terbaik. Pengecekan ini bisa dilakukan dengan browsing informasi di internet atau bisa juga bertanya dengan rekan yang memakai asuransi dari perusahaan tersebut. 

Tentukan Jenis Asuransi yang Dipilih 
Asuransi bermacam-macam. Ada asuransi kecelakaan diri, ada asuransi kesehatan hingga asuransi jaminan hari tua. Nah, apa yang dipilih tentu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Jika membutuhkan asuransi untuk berjaga-jaga jika terjadi kecelakaan, tentu asuransi kecelakaan diri yang dipilih. Atau jika ingin terjamin hidupnya di masa tua, bisa juga memilih asuransi jaminan hari tua.

Perhatikan Jenis Klaim yang Ditawarkan
Klaim asuransi beraneka jenis. Ada yang menawarkan biaya pengobatan selama di rawat di rumah sakit. Ada asuransi yang klaim memberikan santunan cacat akibat kecelakaan atau meninggal dunia. Jumlah santunan yang diberikan pun harus jelas sejak awal. Jadi bisa diketahui apakah premi yang dibayarkan sesuai dengan manfaatnya atau tidak. 

Itu sebagian hal yang harus diperhatikan jika memilih asuransi sebagai salah satu bentuk perlindungan untuk diri maupun untuk keluarga. Upaya ini tentu untuk berjaga-jaga karena tak ada yang ingin sakit atau tertimpa musibah. Semoga kita selalu dilindungi-Nya. Aaamiiin

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

14 komentar:

  1. Saat memilih asuransi yang harus diperhatikan proses klaimnya ya mbak, asuransi itu udah seperti kebutuhan sandang ya penting hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Biar jelas sejak awal mba. Intinya, jangan malu bertanya :)

      Hapus
  2. Hari gini memang perlu persiapan untuk keamanan dan keselamatan ya mbak. Aku baru ngambil asuransi kesehatan aja, tapi 2 macam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau sudah mempersiapkan sejak awal, mba :)

      Hapus
  3. Betul2 bermanfaat banget ya Mba asuransi ini, meski siapa sih yg mau sakit, wallahu alam.

    Inget dulu th 2001, pernah mengalami kecelakaan fatal bgt. Alhamdulillah karena memiliki Asuransi kecelakaan diri (sengaja karena resiko bekerja di jalanan) akhirnya di cover semuanya.
    Bermanfaat banget..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya, syukurlah kalau semuanya berjalan baik ya, mb. Moga kita selalu terlindungi. Amin :)
      Makaish sudah berbagi mba

      Hapus
  4. Jadi terpikir untuk punya asuransi,membaca postingan bisa tercerahkan dalam memilih asuransi yang tepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga mendapat yang terbaik ya mba :)

      Hapus
  5. IbAratnya sedia payung sebelum hujan, sedia asuransi sebelum kesakitan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, mba Liza :)
      Tapi ya semoga kita terhindarkan ya mba dari segala musibah. Amin

      Hapus
  6. Kmrn pas di Sby kerasa bgt nih punya asuransi krn sakit, mana BPJS gk bisa dipakai, ribet dgn rujukan dsb hiks

    TFS Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smoga selalu dberi kemudahan dan kesehatan ya mba April :)

      Hapus
  7. Memang perlu berhati-hati di dalam memilih produk asuransi, ya, Mbak. Karena sekarang sudah banyak produk asuransi.

    BalasHapus