Selasa, Juli 26, 2016

Menjadi Pengusaha Melalui Minimarket

Sebagai seorang ibu bekerja, saya menyukai sesuatu yang praktis sehingga tidak merepotkan. Salah satunya ya dalam urusan belanja. Terkadang, saya memilih menyukai berbelanja online. Nah, belanja online ini mudah. Buka website yang dituju, cek harga, pilih barang mana yang diinginkan, langsung deh bisa transaksi. Mudah kan?
 
Tapi ada beberapa hal yang menurut saya harus diperhatikan apabila ingin belanja online. Pertama, cek reputasi toko online tersebut. Jangan sampai toko online itu sudah klaim telah berdiri sejak lama tapi teryata bohong. Kalau sudah bohong sejak awal, kayaknya lebih baik putus #Eh. Kedua, detail soal barang yang akan dibeli. Untuk beli baju, misalnya harus di cek ukuran bajunya berapa, warnanya apa, apakah sesuai di badan kita atau tidak. Perhatikan juga tentang warna. Nah saya pernah nih pas belanja online lihat warnanya bagus sekali, tapi pas barangnya datang, barangnya tidak seperti yang digambarkan. Saya lupa memperhatikan komposisi pencahayaan. Ketiga, cek pembayaran. Apakah pembayarannya harus bayar di tempat atau bisa melalui transfer antar bank. Saya selalu milih transfer sesuai bank yang saya ikutin. Maklum, setahu saya jika transfer antar bank, bisa ada ongkos kirim. Kesannya sih Cuma Rp 5000 tapi kan lumayan?. Keempat, cek berapa lama proses pengiriman. Misalnya, kalau tokonya di luar kota tentu membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan jika sesama satu kota.  
    
Banyak pilihan yang ditawarkan  

Jika memperhatikan empat hal tersebut, belanja online akan menjadi lebih menyenangkan. Apalagi banyak sekali toko belanja online yang menawarkan berbagai pilihan kepada masyarakat. Tawarannya beragam. Tapi rata-rata lebih banyak terkait pembelian barang. Misalnya, beli dua produk akan tambah satu produk. Atau diskon dengan harga khusus. Tapi, bagaimana kalau jadi pengusaha? Awalnya saya tak begitu paham bagaimana menjadi pengusaha melalui minimarket.

Tapi, dengan berjalannya waktu, saya mendapat informasi bahwa toko virtual Alfamind memiliki penawaran khusus bagi masyarakat jika ingin menjadi pengusaha. Peluang ini yang diberikan Alfamarku.com terbuka bagi ibu rumah tangga atau bahkan mahasiswa yang ingin menjadi pengusaha hanya dengan bekal smartphone dan dana Rp 1 juta.    
 
Sistemnya dengan menjemput bola. Ibaratnya membawa toko ke hadapan konsumen. Cara untuk bergabungnya tak sulit. Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk bergabung di toko virtual Alfamind. Pertama bisa melalui store owner yang telah bergabung. Kedua bisa melalui tim marketing yang melakukan pemasaran ke komunitas. Nah, cara terakhir ya melalui pendaftaran di website resmi Alfamarku.com. Belanja sambil menjadi pengusaha? Hmm .. boleh juga ....

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

20 komentar:

  1. Waah, aku biasanya belanja di Alfamidi,, kayaknya peluang usahanya menggiurkan ya mbak.. langsung cek tkp ah,

    BalasHapus
  2. wow bisa jadi pengusaha alfamidi dong mba, hanya dengan 1 juta ya , noted nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu penawaran yang bisa jadi pilihan ya mba :)

      Hapus
  3. Pernah dengar program ini Mbak, tapi kapannya aku lupa. asyik ya kalau bisa jadi pengusaha juga.

    BalasHapus
  4. mba sendiri sudah bergabung? share pengalamannya dong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum, mba. Masih menggumpulkan modal nih :)

      Hapus
  5. Bisa banget nih ya mbak,, selagi belanja sembari menjadi pengusaha. Oh ternyata di alfamidi ada juga programn demikian ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Saya juga awalnya nggak tahu, tapi dapat informasi seperti ini :)

      Hapus
  6. Augmented reality jadi trend ya.. toko pun bisa dibikin real.. eh, virtual, ah entahlah apa sebutannya toko kyk gitu..

    BalasHapus
  7. Sampai saat ini aku belanja online sebatas dengan teman2 komunitas di fb. Sekarang belanja online makin meluas ya, yg alfamidi ini info baru buatku. Thank you mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk memudahkan warga mungkin ya mba :)

      Hapus
  8. Di aceh blm ada alfamart apa bs gbng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya ya. Sepertinya harus kontak langsung mba :)

      Hapus
  9. Waah infonya bermanfaat sekali mbak. aku baru tahu nih. ngumpulin dulu modal ah :) terima kasih infonya mba

    BalasHapus
  10. waa baru tau..

    langsung colek suami nih, tfs mba ^^

    BalasHapus