Jumat, Juni 24, 2016

Pilihan Tempat Wisata di Kota Bandung

Bandung sejak dulu memiliki pesona. Pesona yang seolah ‘memanggil-manggil’ untuk selalu datang. Saya sendiri tak selalu datang ke Bandung. Dulu saat masih di kantor lama, beberapa kali ke Bandung untuk liputan. Tapi sekarang ke Bandung sudah jarang. Kalaupun datang, kebanyakan karena ada undangan dari teman yang memang tinggal di Bandung. Tapi pernah juga kami sengaja ke Bandung untuk berlibur. Nah, suatu hari, suami pernah berkata ingin juga berkunjung ke Bandung jika berlibur. Kami kemudian membuat daftar empat tempat yang akan dikunjungi ketika ke Bandung. Membuat daftar ini tak mudah, karena sebetulnya kami ingin datang lebih dari empat tempat ini.
 
Mari berkunjung ke Bandung. Sumber foto : pixabay.com

Museum Geologi Bandung
Datang ke museum ini bisa menemukan beraneka fosil dinosaurus sehingga anak bisa mendapat ilmu yang bermanfaat. Sebagai pengunjung, di museum ini juga dapat mempelajari tentang bumi dan usaha pelestariannya. Jika ingin mengetahui kehidupan awal bumi dapat diperoleh di museum ini.

Saung Angklung Udjo      
Tempat ini terkenal dengan pertunjukan seni dan budaya yang bersifat edukasi. Kebetulan anak juga suka bermain angklung. A bahkan pernah ikut ekstrakulikuler angklung. Hanya saja, saat itu dia memilih belajar menggambar dan mewarnai. “Tapi kapan-kapan aku ingin belajar angklung,” kata A kepada saya. Mengajaknya ke Saung udjo tentu membuatnya bisa praktek langsung bermain angklung.  

Kawah Putih Ciwidey
Danau yang terbentuk karena letusan Gunung Patuha ini memang menarik untuk dikunjungi. Saya selalu terpaku dengan pemandangan alamnya. Hanya saja, saya hanya bisa terpaku dengan pemandangan yang dilihat dari foto saja. Kawah ini juga banyak digunakan untuk foto preweding atau sekedar berkumpul dengan keluarga. Aih, bisa juga nih buat foto ala-ala prewedding dengan suami.
 
Indahnya pemandanga. SUmber foto : pixabay.com
Bossca Observatory
Observatorium ini dibangun pada tahun 1923. Namun kemudian pada tahun 1959 diambil alih oleh Institut Teknologi Bandung. Nah, karena observatorium ini buka untuk umum pada hari Sabtu, maka pas untuk dikunjungi keluarga. Siapa tahu saya beruntung bisa melihat gugusan bintang dan planet di langit.


Keempat tempat tersebut hanya sebagian kecil dari beraneaka tempat wisata yang terdapat di Bandung. Banyaknya tempat wisata membuat Bandung menjadi tempat wisata favorit untuk dikunjungi. Sabtu dan Minggu, Bandung sangat penuh dengan kedatangan wisatawan yang rata-rata membawa mobil plat B. Jika libur panjang, kemacetan semakin tampak dimana-mana. Nah, karena Bandung adalah tujuan wisata, properti di Bandung pun menjadi incaran. Alhasil, banyak juga yang mencari rumah dijual di bandung. Rumah yang dibeli ada yang digunakan untuk keperluan pribadi, ada juga yang sengaja digunakan untuk investasi. Mm .. saya membayangkan kalau punya rumah di Bandung, bakalan sering datang untuk mengunjungi tempat wisata. Amin!

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

44 komentar:

  1. Dari semuanya itu, ke Boscha yang belum jadi-jadi akunya, Mba. Pengen euy!

    BalasHapus
  2. Sudah pasti, mbak. Kalau udah punya rumah di Bandung, bakalan puas main ke tempat wisata di Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, mba
      Tapi kayaknya nabung bakalan luamaa banget ya. Maklum, harganya mahal. Hiihii

      Hapus
  3. Idah lama banget gak ke Bandung.. Jadi kangen Bandung nih..

    BalasHapus
  4. ke ciwidey blom pernah... mupeng deh kesana ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciwidey emang kece habis. Sapa tahu kita bisa mampir kesana ya, mba. Amin

      Hapus
  5. Bandung banyak banget ya mbak tempat wisatanya, mau punya rumah deh di Bandung kalau gitu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya kalau punya rumah di Bandung bakalan liburan terus, mba Titis :p

      Hapus
  6. Pengen ke bandung blm kelar2... pengen ke kawah putih

    BalasHapus
  7. Bandung never ending banget deh! perlu waktu berapa lama ya untuk mengunjungi Bandung dan sekitarnya? keknya kalau cuma ke satu tempat gitu sayang perjalanannya cukup jauh dari Semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu banyak untuk dihitung, mba Arina. Hheehehe

      Hapus
  8. Belum pernah ke semua tempat itu, pas ke Bandung numpang lewat doank ke Lembang hehe. Ke Lembang pun cuma ke satu tempat buat gathering hahaha. TFS referensi wisatanya mbak. Asyik ya klo punya rmh di Bandung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moga ada kesempatan ya mba. Lembang juga banyak pilihan, mba

      Hapus
  9. Belum pernah.... @_@
    Semoga kesampaian Mbak

    BalasHapus
  10. Baru Boscha yg udah aku sambangi, pengen ke kawah putih sama angklung mang ujo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boscha kalau bisa liat pas malam kayaknya romantis ya mba. HIhiii

      Hapus
  11. Bandung emang surganya destinasi wisata. Semoga terkumpul rejeeki utk mengunjungi Bandung y mbk,insyaalaah🙏🙏

    BalasHapus
  12. beberapa kali ke Bandung ke Cibiru tempat keluarga, pengen ke Ciwidey blom kesampaian, mudah2an next time bisa kesana :D

    BalasHapus
  13. KAwah Putih Ciwidey, memikat skali utk dikunjungi mbak Alida. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bakalan bikin pengen, mba. Berasa di luar negeri. Hihi

      Hapus
  14. bandung memang tempat idaman untuk berwisata
    lihat foto2 bandung berseliweran bikin pengen banget ke sana mbak..

    BalasHapus
  15. Aku bolak balik ke Bandung dan lembang tapi tetap aja terlewat terus mau liat kawah putih ciwidey

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum jodoh mba Adde. Hihi. Moga berjodoh mampir ya mba Ade :)

      Hapus
  16. saya blum pernah masuk ke boscha nih, br ke halamannya aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah belum ke halamannya mba. Hihhii.

      Hapus
  17. belum pernah ke Bandung lagi sejak 3th yg lalu, kangeeen jalan-jalan ke sana.. Bandung udah kaya Jakarta ya, byk rumah dan macetos :-)

    BalasHapus
  18. Bandung sekarang kalau weekend macetnya bikin pusing pala ebi deh :D, tapi meski gitu tetep ngangenin ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba. MAcet tapi emang nganggenin :)

      Hapus
  19. Saya termasuk orang yang belum pernah ke Bandung, hikss...

    BalasHapus
  20. museum geologi sm bosca nih yang belum bawa trio krucils ke saan...waktu itu mau ke museum eh tutup, setengah hari pas hari sabtu hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya ya Sabtu hanya setengah hari :)

      Hapus
  21. Semua informasi yang di sajikan sangat menarik, saran dari kami postingannya lebih diperbanyak lagi, terima kasih..

    BalasHapus
  22. Thank info, ini cocok nih buat liburan abis lebaran nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bener banget :)
      Terima kasih kembali

      Hapus