Minggu, Mei 22, 2016

Wajah Bersih Tanpa Komedo

Dua hari lalu, saya menemani teman ke salon. Sudah lama saya tak bertemu dengannya karena berbagai kesibukan. Tapi setelah janjian, akhirnya disepakati untuk berjumpa di sebuah kampus dan bersama-sama ke salon. Mengapa salon? Karena kebetulan saya dan teman punya agenda sebulan sekali ke salon. Walau tak selalu pergi bersama karena saya lebih sering ke salon dekat rumah.

Bagi saya budget untuk facial Rp 50 ribu. Saya merasa tak perlu facial dengan aneka produk yang lebih mahal. Cukup facial untuk mengangkat kulit mati dan wajah menjaid lebih segar. Maklum sehari-hari saya hanya menggunakan sunblock, bedak dan lipstik saja. Karena tak menggunakan perawatan kosmetik, saya merasa facial sebulan sekali cukup. 
 Young beautiful woman receiving facial massage and spa treatment
Membersihkan wajah

Jika saya menikmati proses facial, teman saya tak demikian. Salah satu proses yang ia kuatirkan adalah membersihkan komedo. ‘Sakit,” katanya. Saya maklum saja, karena walaupun seringkali facial, saya juga masih sering merasa perih. Tapi ya mau nggak mau harus merasakan komedo dibersihkan. Meskipun demikian, kerap kali saya merasa lebih bersih jika membersihkan komedo sendiri.Di rumah, saya memiliki alat untuk membersihkan komedo. Alat itu saya beli seharga Rp 10 ribu. Sebelum digunakan, alat itu harus disterilkan terlebih dahulu agar tidak menimbulkan infeksi. Untuk membersihkan komedo, sebaiknya dilakukan minimal seminggu sekali. Bisa dilakukan di rumah atau di salon. Namun, ada beberapa cara mengatasi komedo yang kerap kali saya gunakan. Bahan-bahan yang digunakan murah dan mudah diperoleh di rumah.

Gunakan Putih Telur
Apabila di rumah ada telur, pisahkan kuning dan putih telur. Lalu kocok putih telur hingga berbusa dan oleskan di area hidung. Setelah itu, tutup hidung yang telah diolesin putih telur dengan kapas dan tunggu hingga kering. Setelah mengering, angkat kapas dan akan terlihat komedo berhasil terangkat. Jangan lupa bilas dengan air bersih ya …  

Uap Air Panas untuk Mengangkat Komedo
Kalau di salon, ada alat khusus untuk mengeluarkan uap air panas. Kalau di rumah, saya biasanya menuangkan air panas ke ember. Usahakan air panas mengenai wajah sehinggga pori-pori wajah menjadi terbuka. Supaya lebih maksimal, saya biasanya menggunakan handuk untuk menutupi kepala. Setelah itu, komedo mudah dibersihkan. Untuk mengecilkan pori-pori, saya menggunakan es batu.  

Masker Lidah Buaya
Daging lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi komedo. Aplikasikan lidah buaya sebagai masker di seluruh wajah dan diamkan hingga mengering. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

36 komentar:

  1. kebetulan banget aku lagi mulai pengen ngerawat tubuh terutama bagian wajah nih. Mau nyobain yang pake putih telur, ah..

    makasih artikelnya ya mbaaa... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, mba. Di kuat-kuatin kalau agak amis. Tapi epektif. Dulu mamaku juga suka makai cara ini :)

      Hapus
  2. terakhir facial pas mau nikah, hehe.. kayaknya setelah melahirkan bakal rutin rawat wajah lagi nih mbak. selama hamil stop total meski yg alami karena males hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii. Kalau aku emang doyan facial. Ke salon paling utama ya facial. Sip deh ntar makin rajin yaa :)

      Hapus
  3. Wah pa suami komedonya banyak ni, hihi makasi info tipsnya mb, buru buru cari telor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dungs, istrinya bantu yang bersihin, Biar makin mesra. Hihii

      Hapus
  4. Kalau pori-pori membesar pake apa ya mba nguranginnya? Saya di pipi dekat hidung pori-porinya besar jadi suka sebel hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang bilang jeruk, mba. Tapi kalau aku sering2 pakai es batu, mba Nurul. Lumayan buat mengecilkan pori-pori

      Hapus
  5. Makasih tipsnya mbak... bisa ditiru banget nieh...

    BalasHapus
  6. tengkiu bhd nih infonya mbk, praktekin ke si ayah ken ah, secara doi banjir komedo, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii. Moga berguna ya. Harus tahan-tahan sakit, mba Inda :)

      Hapus
  7. Aku udah nyoba kemarin pake putih telur dan manjur. Komedonya terangkat hihi,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling manjur emang kalo pake putih telur, mba Gilang :)

      Hapus
  8. ntar resepnya ini saya boleh share ke temen2 ya, kebetulan saya gak ada komedoan n jerawatan. Makasi ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp. Bersyukur banget ya mulus, mba Chris :)

      Hapus
  9. Saya belum pernah facial seumur hidup mbak. Wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, sekali-skali nyoba nggak papa, mbaa. Hihiii

      Hapus
  10. Bisa jadi referensi paz komsdoan nih, adek aku sering bgt komedoan.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp, dipraktekkan ya biar nggak komedoan lagi. HIhii

      Hapus
  11. Putih telur emang murah meriah tapi top markotop yah. Seneng banget pas selesai terus lihat komedo-komedonya terangkat hihi berasa bahagia banget. Cuma problemnya satu kadang suka males yah.

    Btw aku biasanya gak pernah dikocok sampai berbusa. Cuma dipisah kuning dan putihnya aja langsung dibalurin. Aku cobain deh resep versinya Mbak Rach. Thankyou for sharing:D

    btw main main yah ke blogku : www.imusyrifah.com Thankyou:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga bahagia kalau komedo terangkat, Hihii. Siaap, ntar ya aku mampir :)

      Hapus
  12. Sama kaya suaminya Nita, suamiku komedonya banyak bangeet. Selama ini aku rajin facial sendiri pake alat itu lho Mba, dianya meringis2 sampe kadang nangis, hahaha. Boleh ni dicoba. Yang pake telur gampang bgt ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo cowok emang kadang nggak betah, mba :)

      Hapus
  13. Pengen nyobain yang pakai putih telur ah, trims Mbak Alida :D

    BalasHapus
  14. Wah info menarik ini. Praktis dgn bahan2 tersedia di rumah. Bisa dicoba nih

    BalasHapus
  15. Hai Mba salam kenal, nice info mba.... aku juga sebel ama komedo ku nih, udah di bersihin balik lagi balik lagi... padahal jarang pake bedak juga. Anyway istri jurnalis juga ya? wah sama dong :) salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya emang harus selalu rajin bersihin komedo ya, mba :)
      mhh aku yang jurnalis, mba. Suamiku bukan jurnalis :)

      Hapus
  16. Aku paling anti facial. Iya yg dipencet2in itu loh bikin termehek2.
    Btw, kalo aku putih telur buat nambah bb janin mbak. Mertuaku bakalan nyap2 kalo makanan dijadiin masker. Huahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kan demi kesehatan juga, mbaa. Kesehatan wajah. Hehehe

      Hapus
  17. Menjaga muka sangat penting, apalgai kalau tinggal di tempat yang udaranya kotor

    BalasHapus