Sabtu, April 16, 2016

Menonton Aksi Kion di The Lion Guard

Anak saya yang berusia 6 tahun sangat menyukai tayangan Disney Channel. Nah, Disney Channel memiliki tayangan baru yakni “The Lion Guard". Teryata tayangan ini merupakan lanjutan dari film The Lion King yang terkenal sejak tahun 1994. Tayangan ini menceritakan tentang Kion, anak kedua dari Simba dan Nala. Kion ini salah menganggap dirinya adalah pemimpin dari The Lion Guard.   

Minggu lalu, saya menghadiri pemutaran serial televisi “The Lion Guard”. Serial televisi ini akan tayang 17 April pukul 07.30 WIB di Disney Channel. Saat mendapat informasi undangan ini, saya langsung mengiyakan untuk menghadiri. Pas banget, Sabtu, 9 April saya libur. Bersama suami dan A, kami pun meluncur ke salah satu kafe di Jakarta Selatan. Saat datang, pemutaran serial televisi baru saja dimulai.

Aksi Kion di serial terbarunya ...  

Sahabat-sahabat Kion yang selalu membantu Kion
Tiba di kafe, sebuah layar tampak memutar tayangan serial ‘The Lion Guard’. Puluhan anak-anak tampak asyik menonton tayangan. Saya duduk menemani A yang tak melepaskan pandangannya dari tayangan yang diputar. Tayangan ini menceritakan kisah Kion yang menghimpun hewan-hewan sebagai anggota Lion Guard. Kion ini memiliki empat sahabat baik yakni Bunga (seekor luwak madu) yang tak kenal takut, Ono (seekor bangau yang pandai), Fuli (cheetah yang penuh percaya diri) dan Besthe (kuda nil yang bersahabat dan baik hati.

“Si Kion jago banget ya, Ummi?,” kata A. Saya mengiyakan apa yang dikatakan A. Kion mampu menunjukkan ia mampu menjadi pemimpin dan melindungi The Pride Lands. Semua itu ia lakukan berkat kerjasama dengan para sahabatnya. Ini terlihat saat ia mengiringi warga The Pride Lands dari serbuan air bah yang mengancam jiwa. Saya kagum dengan Ono, bangau yang memiliki penglihatan tajam. Ono-lah yang membantu Kion memberikan petunjuk arah yang harus ditempuh untuk menghidari terjangan air bah. Dan disaat terdesak dan berada di jalan buntu, Kion menunjukkan kemampuannya untuk mengeluarkan Roar of the Elders. Kemampuan ini mampu membuat roh leluhur dari The Pride Lands mengaum bersamanya. Berkat kemampuan itu, The Pride Lands pun terselamatkan.

Lucunyaa ...
Saat menonton tayangan ini banyak nilai-nilai positif yang dapat dipelajari anak. Tayangan ini mengajarkan pentingnya kerjasama walau banyak perbedaan yang ada. Menonton tayangan ini juga mengajarkan percaya diri pada anak. Oh ya, film ini mengambil set lokasi padang sabana di Afrika. Dan settingannya menurut saya oke banget!. Mungkin ini karena para ahli pendidikan dan ilmi pengetahuan di Disney’s Animal Kingdom theme park menjadi konsultan untuk karakteristik hewan di film ini. Jadinya, penggambaran di film ini hampir serupa dengan kehidupan para hewan di dunia nyata. Suasana Afrika juga ditunjukkan melalui penggabungan bahasa dan frasa Swahuli agar selaras denga bahasa Afrika. Penonton akan mendengar Kion berkata ‘Hevi kabisa!’ yang artinya ‘Sangat seru!’. 

Asyiik mewarnai Lion Guard
Nah, usai menonton tayangan ini, anak-anak diberi kesempatan untuk mewarnai. Kertas dan alat mewarnai disediakan langsung oleh panitia. Sekitar 20 menit, saya menemani anak mewarnai, sambil disuap makan. Bagi anak yang mewarnai dengan kualitas terbaik, akan mendapat hadiah boneka The Lion Guard. Terakhir, ada sesi foto bersama anak-anak yang menghadiri acara itu. Bagi saya dan keluarga, acara The Lion Guard itu, ‘Hevi kabisa!’  

Hevi kabisa! 


Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

24 komentar:

  1. Zuka Zamaaa! Ah serunya acaranyaaaaa. Ini anaknya pasti happy banget ya Maaaak

    BalasHapus
  2. Sayang nggak ke Solo ya..anakku suka film kartun ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ditonton di Disney Channel, mba :)

      Hapus
  3. Wahh seru banget tuh mak. Pasti pada happy ^.^

    BalasHapus
  4. Acaranya seru neh. Anakku pasti suka juga neh.

    BalasHapus
  5. filmnya aku suka, sini sini sama tante yuk hehehe

    BalasHapus
  6. Acaranya seru dan keren
    anak-anak pasti happy kalao diajak serta
    salam sehat dan semangat

    BalasHapus
  7. Wah, film kesukaanku waktu kecil nih mba hehe...Kayaknya kemarin liat iklannya diDisney Junior, wajib nonton bareng anak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga nemanin anak nonton, mba. Soalnya emang bagus :)

      Hapus
  8. Saya suka deh acara anak-anak yang menyisipkan pesan moral. Seru buat dinikmati, sekaligus mendidik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba. Biar anak juga belajar nilai2 moral secara menyenangkan :)

      Hapus
  9. langsung liat tv nyari disney channel buka TV on demand hehe

    BalasHapus
  10. sukaaa... saya suka sama serial ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem, mbaaa :)
      Aku nemanin anak kalau nonton serial ini

      Hapus
  11. aku baru tahu ada serial ini.. langsung deh mau cari juga.

    BalasHapus
  12. Wah bangau ononya mirip bsngsu kungfu panda ya sifatnya

    BalasHapus