Jumat, April 08, 2016

Enaknya Puding Roti Panggang

Saya sekeluarga suka makan roti. Bagi saya, roti itu mudah di konsumsi dan mengenyangkan. Jadi seringkali saya membeli roti melalui tukang roti yang selalu lewat di depan rumah saya. Tukang roti itu menjual di pagi dan malam hari. Namun seringkali saya lebih banyak membeli di malam hari. Roti yang saya beli biasanya masih baru alias masa kadarluarsanya masih panjang. Roti lebih enak dikonsumsi dengan mentega dan meises. Terkadang saya mengkonsumsi roti ditemani teh manis panas.


Puding Roti


Tapi, kemudian lama kelamaan menjadi bosan makan roti seperti itu. Inginnya ada variasi lain agar tak bosan. Saya kemudian mencari-cari resep pengolahan untuk puding. Kebetulan masih ada sisa delapan lembar roti. Tak menunggu lama, saya kemudian mengelola roti untuk diolah menjadi puding. Bahan-bahannya mudah diperoleh dan proses pembuatannya pun mudah. Oh ya walau namanya puding, tapi tidak pakai agar-agar sama sekali. Tekstur puding roti yang saya buat ini juga sedikit lebih padat. Saya sudah modifikasi resep ini dari resep asli yang saya peroleh dari dapur iseng milik mba Irma Marcella.

Bahan-bahan :
8 lembar roti
500 ml susu cair
1 sendok makan mentega (lalu cairkan mentega)
3 sendok makan gula (kalau kurang manis silakan ditambah)
2 butir telur
½ sendok teh vanili cair
Kismis secukupnya

Cara membuat :
Ambil roti lalu dirobek-robek dan di tata di pirex/alumunium foil. Jangan lupa rotinya di tekan-tekan biar lebih padat. Pinggiran roti bisa digunakan, tapi bisa juga nggak. Kalau saya milih tetap gunakan, biar jadi lebih padat.

Di wadah lain, kocok susu, mentega cair, gula, vanili cair dan telur. Kalau kerasa kurang manis, silakan tambah gula. Kismis dipotong-potong jadi dua lalu dimasukkan ke dalam adonan susu. Setelah itu tuang semuanya ke roti yang telah ditata tadi. Panaskan oven sampai 150 derajat celsius (saya pakai oven tangkring). Lalu masukkan adonan tadi ke oven dan masak hingga 25 menit atau sampai matang. Kalau saya masak hanya pakai api bawah.

Jangan kaget ya kalau puding roti ini menggembang ke atas saat berada di dalam oven. Biarkan saja hingga berwarna kecoklat-coklatan. Setelah itu, matikan api tapi biarkan saja puding roti di dalam oven hingga 5 menit. Tunggu dingin, potong-potong dan siap dikonsumsi.

Tuh kan ... Gampang kan yaa ... Yukk buat di rumah ...



Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

24 komentar:

  1. dari fotonya aja udah keliatan enak.. aku jadi ngebayangin aku masak pas baca instruksi kakak hihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa enaakk. Sambil aku temani deh, mba Hanna. Hihiii. Makasih

      Hapus
  2. puding roti panggang emang enak banget mba, saya sering bikin kalo masih ada sisa roti tawar yang nganggur di rumah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ya kan ya kan... hihii emang enak. Aku pernah beli d toko harganya mahal :(

      Hapus
  3. eh ini pake kayak happycall (maap sebut merek) gitu bisa gak yaa utk pengganti oven....jd pengen masak nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum pernah nyoba kalo pake happycall, mba. Hiihii

      Hapus
  4. lihat gambarnya langsung bayangin rasanya
    Yummyy
    salam sehat amin

    BalasHapus
  5. Aku sdh coba mba. Pke 2 lembar roti yg takarannya semaunya aku. Wkwkwk.. Di bwh roti sobek, tengahnya aku kasih pisang di slice tipis, atasnya baru roti lagi. Baru di siram. Alhamdulillah nya enakkk.. Hehehe.. Cm memang klo di kukus agak lama ya matengnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kreatif tuh, mba Ruli. Iya sebetulnya resep ini bisa dikembangkan semaunya, Hihii. Bikin dua roti kurang banyaak tuh, mbaa

      Hapus
    2. Ntar bikin yang agakan banyak ya mba, Kirim ke Jakarta. Hihiii. Makasih sudah coba reseonya ya, mba Ruli

      Hapus
  6. baru denger tapi kayanya enak deh
    ohiya ka tolong bantu komen blog saya dong buat penilaian . makasih ya:)

    BalasHapus
  7. Puding tanpa agar-agar, hihi

    BalasHapus
  8. Aku pernah buat puding roti tapi versi lain, roti tawar dan agar-agar dicampur, namanya puding roti juga, sudah kutulis di blogku.
    Ini kelihatannya enak, kapan-kapan mau nyobain ah puding roti yang versi dioven ini :)

    BalasHapus
  9. Hm.. sepertinya enak, tapi ribet ya kalo harus pake oven *kebanyakanalasanih* :D

    BalasHapus
  10. Happy banget kalo liat ada yang share resep sendiri, tapi belom kesampean untuk bikin sendiri hehe

    BalasHapus
  11. Judulnya itu lho mba menarik perhatian. Puding tapi roti :) liat gambarnya aja aku udah ngiler, apalagi kalau aslinya. Keknya bisa kalap dan timbangan naik. Makasih share resepnya mba, nanti mau aku praktekkin :)

    BalasHapus
  12. Bookmark y mba,, kapan2 dicoba.

    BalasHapus