Senin, Maret 14, 2016

RA Jeans, Bisnis Fashion Terbaru Raffi Ahmad

Saat mendapat undangan untuk menghadiri fashion show di acara Indonesia Fashion Week 2016, kesempatan ini tentu tak saya lewatkan. Undangan itu datang untuk menghadiri lauching produk pakaian terbaru RA Jeans milik Raffi Ahmad pada Kamis, 10 Maret lalu. Raffi Ahmad tak lain adalah aktor, host yang juga terkenal dalam grup vokal BBB (Bukan Bintang Biasa). Pada pukul 17.00 WIB di stage 2 Lower Ground, Jakarta Convention Center, ruangan penuh sesak. Acara fashion show baru dimulai setengah jam kemudian karena panitia sempat kewalahan terkait pengaturan penonton yang melebihi kapasitas. Saya sempat berpindah tempat karena posisi awal yang ditempati semakin sesak.  

 
Penampilan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Sumber : @rajeansid

Suasana yang awalnya tenang kemudian berubah setelah dentuman musim hiphop memecah kebisuan. Enam orang peragawan dan peragawati masuk dari sisi kiri dan kanan panggung. Awalnya saya membayangkan mereka bergerak bak peragawati dan peragawan. Teryata dugaan saya meleset. Keenam orang itu, sambil membawa payung hitam, bergerak energik mengikuti irama musik. Pakaian yang mereka kenakan rata-rata adalah kaos yang dipadu padankan dengan jaket. Warna pakaian yang dikenakan sangat berwarna. Ada peragawan yang memakai tan ktop warna hitam dipadu padankan dengan jaket kuning diikat di pinggang. Seorang peragawati lainnya menggunakan kaos warna merah dipadu dengan jaket hitam putih dan celana pendek. Ada juga yang hanya memakai tank top dan dipadu celana jeans mini. 

Beberapa menit kemudian, muncul Ayu Dewi, selebritis terkenal. Ia mengenakan kaos hitam dengan inisal RA berwarna kuning, dipadu rok mini berwarna orange. Ayu Dewi muncul menimbulkan kehebohan saat ia berjoget dan menari mendekati para penonton. Beberapa kali saya mendengar gelak tawa karena Ayu joget ala-ala penari dangdut.
Kehebohan Ayu Dewi terekam di instagram @rajeansid 

Kehebohan tak sampai disitu saja. Mendadak riuh suara penonton kembali membahana saat Elly Suhari alias Elly Sugigi memasuki stage 2. Elly tampil dengan memakai kaos putih dengan logo RA berwarna hitam dan dipadu rok jeans mini. Ada satu yang membuat penampilannya berbeda yakni jubah orange yang menjuntai panjang menyapu lantai. 

Nagita Slavina dan Syahnaz pun hadir memeriahkan pagelaran show memamerkan koleksi terbaru milik Raffi. Keduanya tak lain adalah istri dan adik Raffi. Nagita menggunakan kaos lengan pendek berinisial RA, jaket orange diikat di pinggang. Sedangkan Syahnaz juga menggunakan kaos putih dengan logo RA warna merah. Jaket kuning pucat menghiasi penampilan Syahnaz malam itu. Penampilan demi penampilan itu sesuai tema pagelaran kali itu yakni street wear.

Raffi Ahmad dan Bisnis Fashion

Bukan kali pertama, Raffi Ahmad mencoba peruntungannya di dunia bisnis. Di bidang kuliner, Raffi Ahmad memiliki brand makanan bernama Raden Food dan Bakmi RN. Sebelumnya, Raffi Ahmad dan Irwansyah mengembangkan rumah produksi melalui bendera R1 Production dan Barometer Lite. Raffi juga tercatat sempat menjalankan bisnis di bidang otomotif dengan membuka showroom motor besar.  

Di bisnis RA Jeans, keterlibatan Raffi Ahmad mencapai 85 persen. Raffi sengaja memilih bisnis pakaian yang sesuai dengan kepribadiannya yang energik, spontan dan trendi. Itulah mengapa, warna yang diusung RA Jeans adalah warna-warna yang cerah. Koleksi denim dari RA Jeans menampilkan warna yang trendi seperti light indigo, mid indigo, hingga dark indigo. Modelnya pun beragam. Mulai dari strech, ultra slim dan skinny jeans untuk perempuan dan fit regular dan slim untuk lelaki.

 
Raffi Ahmad dengan produk RA Jeans. Sumber: www.rajeans.co.id
Secara keseluruhan, RA Jeans mengangkat tema sporty, trend dan colourfull. Saya sempat ngobrol dengan Fransen Susanto (CEO RA Jeans) dan Selly Justanti (Designer RA Jeans). Fransen mengatakan produk ini menggunakan tekning printing dengan inovasi yang tak terduga namun dibuat dengan harga terjangkau. Jika produk lain dengan kualitas sama dihargai Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta. Produk RA Jeans dijual seharga Rp 99 ribu hingga Rp 349 ribu. Kepada saya, Fransen mengatakan produk-produk RA Jeans berasal dari Bandung, Jawa Barat. “Produk ini tak hanya jeans tapi segala sesuatu yang pas dipakai dengan jeans,” kata Selly. RA Jeans juga menggaet dua tenaga asing yakni Jill Lawrence dari London selaku Fabric Consultant dan Sumaira Irfan dari India sebagai Brand and Design Development RA Jeans. Kenyamanan juga menjadi salah satu faktor agar produk tersebut digemari. Saya sempat mencoba memakai kaos RA Jeans dan merasa nyaman karena material yang digunakan ringan. Apalagi terbuat kaosnya terbuat dari katun.  

Model RA Jeans saat fashion show. Koleksi pribadi 

Logo RA Jeans sederhana namun memiliki arti sesuai kepribadian Raffi yang simpel tanpa ribet. Hanya huruf ‘R’ dan ‘A’ yang terdapat dalam lingkaran. Inisial RA menandakan nama Raffi Ahmad. Sedangkan lingkaran seperti halnya bumi yang bulat dengan harapan agar produk RA Jeans semakin terkenal. DI bawah tulisan RA, terdapat tulisan JEANS. Penempatan logo RA Jeans beragam. Ada yang berukuran kecil yang diletakkan di sisi atau kanan kaos. Ada juga yang tercetak besar di bagian depan kaos.   

Produk RA Jeans dengan kualitas terbaik berkolaborasi nama besar Raffi Ahmad, membuat produk ini mampu dikenal oleh berbagai kalangan. Sebelum produk ini dilaunching, 100 kaos telah terjual secara online. November 2015, koleksinya terdistribusi di 37 toko Ramayana serentak seluruh Indonesia dan pada Februari 2016, merambah hingga 100 toko. Jika dilihat di instagramnya @rajeansid, minat untuk membeli produk RA Jeans sangat banyak. “Kaos yang paling banyak dipesan. Kami sampai kehabisan produk,” ungkap Suharti Sadja, Marketing RA Jeans. Dalam sebulan, kemampuan produksi untuk RA Jeans sekitar 100 ribu. Produk RA Jeans tak hanya di Ramayana saja melainkan juga telah tersedia di Zalora.co.id, Lazada.co.id, Tokopedia.com dan Blibli.com.

RA Jeans berada di bawah naungan PT Buana Lautan Mas Garmindo yang merupakan perusahaan penggagas konsep Super Bintang yang menaungi 6 brand dari beberapa artis seperti Jessica Iskandar dengan brandnya Jedar, Denny Cagur dengan DC Denim, Baim Wong dengan brand BW. Selain itu, juga menaungi Ruben Onsu yang memiliki brand Bensu, Julia Perez dengan denim JP Denim dan Kartika Putri dengan brand Monaco Cashmere.



Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

16 komentar:

  1. Keren ya logonya RA..Rach Alida ^eh Raffi Ahmad hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aslinya emang Rach Alida, mbaa. Ehem. Hehehe. Makasih, mbaaa Tuty

      Hapus
  2. Artis masa kini semakin aware pentingnya investasi
    salut buat RA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap bener. Harusnya memang seperti itu. Uang diputar investasi dan tidak dhambur-hamburkan, mas :). Makasih udah mampir

      Hapus
  3. Ya ampuunn makin banyak aja bisnisnya si akang raffi ini, tapi keren sih ya dia mikir investasi jangka panjang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa. Kayaknya puter uangnya jago banget yaaks :)

      Hapus
  4. bisnis raffi banyak bgt yaaak.. salut sm dia yg terus berinovasi.
    eh mba di undang nih ceritanya ? waah beruntung sekaliiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisnisnya emang banyak. Anak muda emang sebaiknya begitu. Iya mba di undang. Alhamdulillah :)

      Hapus
  5. mungkin Raffi sadar kalau nggak selamanya karirnya di dunia entertain bakal cemerlang. makanya dari sekarang dia sudah berbisnis.
    btw, saya suka logonya. simple tapi tetap terlihat menarik :)

    salam kenal mbak Alida :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya. Berbisnis di masa muda itu yang terbaik, mba. Salam kenal kembali, mba :). Makasih

      Hapus
  6. Bisaan banget nih Raffi Ahmad, bisnisnya udah menggurita, model yang dipakai buat peragaan RA jeans pun teman-temannya, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin biar sekalian, mbaa Ratna. Hehhee

      Hapus
  7. Keren ya, suka iri da saya mah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga ngiri, mba Nathalia. Sampe skarang pengen bisnis, tapi nggak tahu mau bisnis apa. Hiihi

      Hapus
  8. baru tau dia bikin lini jeans juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba. Baru nih. Semakin menggurita bisnisnya :)

      Hapus