Rabu, Maret 16, 2016

Pilihan Busana Muslimah di ZAQ

Nama lengkapnya, Zakiyah Bamahry. Saya memanggilnya, Kiki. Terakhir saya bertemu dengannya sekitar tiga tahun lalu saat pernikahan saudara di Surabaya, Jawa Timur. Selebihnya, pertemuan lebih banyak di dunia maya. Termasuk saat saya memesan baju di tokonya. Saat ia mengabarkan akan menghadiri Indonesia Fashion Week di Jakarta Convention Center, 11-13 Maret 2016, saya pun menemuinya.

Sumber : Koleksi ZAQ

Kiki adalah wirausahawan. Kedua orangtuanya adalah pedagang dan memiliki toko di Ambon, Maluku. Awalnya Kiki hanya menjual baju-baju milik orang lain di toko miliknya. Teryata baju-baju yang dijual laku keras. Dari sini ia terpikir untuk membuat baju buatannya. Dengan menggunakan brand nama sendiri, ia mengaku mendapat keuntungan dengan dapat membagi waktu dengan baik. Ia memilih menggunakan nama ZAQ karena alasan khusus yakni sesuai dengan inisial namanya. “Kalau nama Kiki, udah banyak, pakai nama Zakiyah juga gitu,” katanya kepada saya.  

Perjuangannya untuk membuat usaha sendiri tak mulus. Maklum, ia tak pernah belajar mendesain baju sama sekali. Semuanya ia pelajari seorang diri. “Tapi saya tahu desain baju untuk kain tertentu,” kata Kiki kepada saya. Baju yang ia desain rata-rata untuk dipergunakan sehari-hari. Segmentasinya adalah mahasiswa, hingga ibu-ibu. “Saya inginnya baju yang dipakai kerja juga bisa dipakai untuk acara malam hari,” ungkapnya.

Ini dia sang desainer sekaligus pemilik :)
Ya, baju-baju semiformal yang menjadi salah satu andalan desain yang ia lakukan. Bagi perempuan yang baru mulai berjilbab, ZAQ memiliki banyak pilihan. Baju yang ia desain juga mampu menutupi kekurangan tubuh karena tidak ketat. Oh ya, produk yang ia keluarkan tak hanya baju, melainkan juga celana dan lain-lain. Warna-warnanya pun bervariasi dengan desain sederhana namun manis.

Hingga kini, terhitung sudah tiga tahun ia menggeluti usaha fashion. Awalnya, ia lebih banyak fokus pada penjualan offline. Ia memiliki dua toko di Surabaya. Namun, kini produk ZAQ dapat juga ditemui di FX Mall Sudirman, Jakarta. Sekarang, produk ZAQ juga dapat ditemui di online store. Dalam sebulan, ia mampu menghadirkan 10 desain terbaru. Produk yang ia jual dalam sebulan mencapai 400-500 buah. Bahkan, jika bulan puasa angkanya mencapai ribuan. Kini, produk-produknya semakin berkembang dan digemari banyak orang.

Instagram : @zaqhijab

      

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

10 komentar:

  1. Makin banyak desainer muslimah ya.
    salut...
    moga ZAQ menjadi penyemangat muslimah untuk istiqomah :)

    Terimakasih infonya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengar hadirnya para desainer muslimah, pilihannya juga semakin banyaak, mba :). Terima kasih kembali :)

      Hapus
  2. Wahhh merk baru nih. :D Kayanya cocok deh buat muslimah masa kini yang selalu ingin tampil modis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, mba Anisa :)
      Walau modis tapi tetap menutup aurat. Makasiih :)

      Hapus
  3. wah bagus ya kalau gak ketat,

    BalasHapus
  4. Banyak online store menawarkan hijab fashion dengan desain kreatif dan inovatif, sehingga membuat hijabber senang bereksperiment dengan gaya baru dan tetap syar'i

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Dewi. Masih tetap bisa bergaya ;). Makasih mba

      Hapus
  5. Cakep ya desain-nya. Bisa buat santai dan acara resmi juga :D

    BalasHapus