Sabtu, Maret 05, 2016

Dengan Softex Daun Sirih, Jadi Lebih Bersih dan Sehat

Tuntutan perubahan mau tak mau membuat perempuan ada yang memilih bekerja di luar. Namun ada juga yang memilih sebagai ibu rumah tangga namun mengaktualisasikan diri dengan beraneka aktivitas. Pilihan tentu tergantung masing-masing individu asalkan dilakukan dengan kerelaan tanpa paksaan. Sebagai ibu bekerja, seseorang harus berangkat pagi, dan pulang sore atau malam dan kemudian berkumpul bersama keluarga. Di sela-sela bekerja, seringkali memantau perkembangan anak melalui telepon. Untuk menyalurkan hobi harus pintar mencuri waktu.

Saya memilih menjadi seorang ibu bekerja yang juga kerap meluangkan waktu untuk menekuni hobi menulis dan memasak. Setiap pagi, saya keluar rumah pukul 05.00 WIB menggunakan sepeda motor. Namun sebelumnya, saya menyiapkan bekal makan dan sarapan untuk keluarga terlebih dahulu.  Tiba di stasiun Pondok Cina pukul 05.20 WIB, saya selalu menggunakan commuter line menuju stasiun Tanah Abang. Pukul 07.00 WIB saya sudah siap beraktivitas di kantor. Jika ada peristiwa penting yang terjadi, tekanan di kantor menjadi tinggi karena tuntutan untuk mendapatkan informasi yang cepat dan akurat. Sore hari, saya bergegas meninggalkan kantor menuju rumah. Padatnya commuter line terkadang membuat saya tak nyaman, namun ini cara tercepat yang bisa saya lakukan agar tiba di rumah lebih awal. Sebelum magrib, saya sudah tiba di rumah dan menemani anak belajar serta menyiapkan bekal dan buku untuk sekolah keesokan harinya. Setelah semua beres, saya pun menyiapkan makan malam ditemani asisten rumah tangga. Setelah menemani anak tidur pukul 21.00 WIB, saya kemudian membuka laptop untuk menulis. Dengan beragam aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran, saya sadar bahwa kebersihan dan kesehatan sangat penting untuk perempuan yang sibuk dan padat aktivitas. Kesehatan menjadi sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Kesehatan dapat dijaga melalui asupan gizi, pola hidup sehat, serta keseimbangan antara ‘working-relaxing’ time. 


Karena kesadaran pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan, saya memilih menggunakan bahan alami yang menunjang kesehatan. Bagi saya, alam menyediakan beragam bahan alami untuk tubuh. Untuk menjaga kesehatan, saya selalu menyiapkan dua minuman alami agar daya tahan tubuh saya selalu sehat. Pertama meminum air perasan lemon dan minuman kunyit asam. Kedua minuman ini bahan alami yang mudah didapat serta mudah dibuat serta rasanya segar. Saya seringkali mengkonsumsi air perasan lemon saat bangun pagi sedangkan minum kunyit asam di sore atau malam hari. Terkadang saya konsumsi bergantian di agar tak bosan. Air perasan lemon memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan kunyit asam  ini memiliki sifat anti bakteri sehingga memiliki sifata nti inflamasi. Minuman ini juga mampu menghilangkan rasa sakit atau pegal di tubuh. Saya bersyukur dengan mengkonsumsi kedua minuman itu menjadi salah satu faktor daya tahan tubuh selalu prima walau sesibuk apapun.
Air perasan jeruk dan minuman kunyit asam
Tak hanya penting menjaga daya tahan tubuh namun juga penting menjaga kebersihan organ kewanitaan. Salah satu yang dipercaya dan telah menjadi tradisi di Indonesia selama ratusan tahun adalah ekstrak daun sirih. Ekstrak daun sirih mengandung antiseptik yang berasal dari turunan zat bernama Fenol yang disebut Kavikol yang memiliki kemampuan antiseptik lima kali lipat dari antiseptik pada fenol biasa. Selain mengandung antiseptik, daun sirih juga mengandung antijamur dan antibakteri yang mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab keputihan dan menghilangkan bau tak sedap pada organ kewanitaan. Di masa menstruasi, bakteri tumbuh dengan cepat di area kewanitaan dan dapat menimbulkan bau, gatal atau iritasi kulit lainnya.

Saat menstruasi tiba, saya memilih menggunakan Softex Daun Sirih. Softex Daun Sirih merupakan merk pembalut pertama di Indonesia yang memiliki rangkaian lengkap produk pembalut dan pantyliner dengan kandungan ekstrak alami daun sirih. Saya merasa lebih bersih dan sehat dengan Softex Daun Sirih. Pas banget, saat Ngopi (Ngobrol Inspirasi) Bareng Nova tanggal 26 Februari lalu, banyak informasi yang saya peroleh tentang Softex Daun Sirih. Dengan adanya kandungan ekstrak alami ini, saya tidak pernah kuatir saat menstruasi. Apalagi ada lima pilihan produk Softex Daun Sirih yakni Slim Regular Flow Non Wing (23 cm), Slim Regular Flow Wing (23 cm), Slim Heavy Flow Wing (36 cm dan 36 cm) dan Pantliner. Softex Daun Sirih mampu menyerap dalam 1 detik sehingga permukaan tetap kering.  Yuk, simak video di bawah ini ...


Di hari pertama menstruasi, saya memilih menggunakan Softex Daun Sirih Slim Extra Heavy Flow Wing ukuran 29 cm. Dengan daya serapnya yang cepat sehingga permukaan tetap kering, membuat saya nyaman beraktivitas. Menggunakan produk ini membuat saya tak kuatir lembab karena Softex memiliki lapisan sirkulasi udara yang baik sehingga nyaman digunakan walaupun kondisi pengap. Seperti yang saya alami saat menstruasi dan berada di commuter line yang kondisinya sangat padat, udaranya pengap bukan main. Tapi, dengan menggunakan Softex Daun Sirih, saya masih aman dan nyaman dan tak takut tembus. Selain itu, saya juga merasa lebih bersih dan sehat menggunakan Softex Daun Sirih. Maklum jika padat, badan kita selalu berdempet-dempet dengan penumpang lain. Jika ingin bergerak, badan pun saling bergesekan. Oh ya, saya sempat kuatir pembalut saya bergeser, tapi karena menggunakan ‘wing’ kekuatiran saya tak terjadi. Dengan menggunakan ‘wing’ mampu melekat dengan kuat tanpa bergeser. Dengan adanya wing ini, saya juga tak perlu kuatir jika harus berlarian mengejar commuter line.  

Kenyamanan ini juga karena permukaan Softex Daun Sirih memiliki permukaan senyaman bantal. Jika malam hari, saya lebih memilih menggunakan pembalut yang lebih panjang dan lebar. Mengapa? Seringkali saat tidur, kita tentu tak bisa mengatur pergerakan badan. Badan bergerak ke kiri dan ke kanan. Jika ini yang terjadi, pembalut yang nyaman adalah pembalut Slim Extra Heavy Flow Wing yang berukuran 36 cm. Walaupun pembalut ini berukuran lebih panjang dan lebar, tapi tetap nyaman. Saat bangun tidur, saya tak kuatir bocor. Apalagi, daya serap cairan yang cepat. 

Softex Daun Sirih
Saya yakin menggunakan pembalut yang memiliki antiseptik alami daun sirih membuat pertumbuhan bakteri dapat dihambat sehingga menguragi resiko timbulnya gatal dan iritasi. Dengan berbagai pertimbangan itu, tentu tak salah saya memilih Softex Daun Sirih. Saya merasa lebih bersih dan sehat dengan Softex Daun Sirih   
  
Tips Tetap Aktif Beraktivitas saat Menstruasi 
1.    Konsumsi makanan yang bergizi. Usahakan selalu mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran agar gizi selalu terpenuhi
2.    Pilihan bahan-bahan alami agar daya tahan tubuh selalu sehat.
3.    Pilihan pembalut yang memiliki daya serap cepat sehingga tidak lembab dan permukaan tetap kering. Pembalut yang baik juga harus dapat menghambat pertumbuhan bakteri sehingga mengurangi resiko timbuknya gatal dan iritasi
4.    Gantilah pembalut secara rutin setiap 3 jam sekali di awal menstruasi dan maksimal 5 jam sekali di akhir masa menstruasi. Jangan menggunakan pembalut seharian penuh dan tak menggantinya karena membuat organ kewanitaan menjadi lembab hingga berjamur. Apalagi sedang menstruasi, resiko infeksi organ kewanitaan juga meningkat sehingga menjadi lebih lembab.
5.    Membasuh organ kewanitaan dari arah depan ke belakang agar dapat mengurangi resiko meningkatnya iritas atau terkena bakteri.    



Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

14 komentar:

  1. Pertama mens dulu jg pake softex. Skrg macem2 ya variannya. Jd byk pilihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, mba Windi. Bahkan orang lebih sering menyebut sofetx sebagai kata ganti pembalut :)

      Hapus
  2. Softex memang prodak sejak jaman jadul ya, btw itu lemonnya bikin ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, mba Eni. Sejak jaman baheula ;).
      Yuk main aku buatin deh lemonnya. Hhiii. Makasih, mba

      Hapus
  3. wah jadi penasaran sama softex daun sirih? mungkin buat bulan depan, coba :)

    BalasHapus
  4. aku masih pakek softex jg mbk, :)

    BalasHapus
  5. Wah aku ga kwbayang kalau jadi Mba. Jam 5 pagi udah jalan, plus udah nyipain bekal untuk anak anak. Terus malamnya dipakai untuk nulis. Kalau aku mungkin bakalan ngoceh, "Bobonya kapan? Berapa jam? Lah ... kurang dong."

    Btw aku belum pernah coba produk ini, Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalau pagi tinggal oseng-oseng atau goreng aja, mba. Tapi dari sore atau malam sudah direncanakan mau masak apa, mba. Aku bersyukur ART aku dapat juga diandalkan :)

      Hapus
  6. Aku belum nyobain yang daun sirih ini.. Biasa beli yg ada di warung aja.

    BalasHapus
  7. Aku sudah beberapa kali nih nyobain Softex daun sirih. Waktu itu beli karena ada kata"daun sirih" nya, jadi deh trus nyobain.

    BalasHapus