Sabtu, Februari 20, 2016

Yuk, Makan Ikan Dori Dabu-Dabu


Ceritanya, Kamis 18 Februari saya mengikuti kelas memasak. Salah satu yang dimasak adalah Seared Dorry fish with Dabu-Dabu Style alias ikan dori dabu-dabu. Dabu-dabu kalau di Ambon disebut colo-colo. Masakan yang dipraktekkan di kelas memasak menurut saya simpel dan saya yakin bisa masak. Hmm, saya harus bisa memasak resep itu di rumah...
Ikan dori dabu dabu ala Alida

Keesokan harinya, saya membeli ikan dori di salah satu toko yang dekat rumah. Ikan dori yang saya beli harganya Rp 58 ribu untuk satu kilo. Biasanya dijual dalam bentuk beku dan berisi 4-5 potong. Dikarenakan masih dalam keadaan beku, butuh waktu satu jam ikan dori itu melunak. Seharusnya, tidak direndam di air karena akan membuat ikan makin meresap air. Tapi ya, karena mepet belinya, saya pun memilih merendam ikan dori di air. Biar cepat di olah. Hehehe ….

Ikan dori yang telah dibumbui garam dan lada

Kemudian saya ke warung jual sayur yang tak jauh dari toko tempat saya beli ikan dori. Di warung, saya membeli beraneka bahan untuk dabu-dabu. Tiba di rumah, saya pun segera menyiapkan bahan untuk memasak ikan dori dabu-dabu. Saya hanya memakai 2 potong ikan dan kemudian potong masing-masing tiga bagian. Dengan porsi ini cukup untuk dikonsumsi lima orang. Pertama, ikan dori yang sudah mulai melunak saya lumuri jeruk nipis. Tujuannya agar ikan tak bau amis. Kemudian, taburkan garam dan merica secara merata di kedua sisi ikan dori. Ikan dori ini kemudian dibiarkan hingga meresap 10-15 menit. 

Nah sambil menunggu bumbu ikan meresap, siapkan dabu-dabunya. Bahan-bahannya mudah yakni bawang merah, garam, gula, garam, jeruk, cabe dan kemangi. Bawang merah, cabe dan tomat di iris kotak-kotak. Khusus untuk tomat, jangan lupa buang bijinya. Ketiga bahan itu kemudian dicampur garam, gula dan air perasan jeruk. Diamkan sejenak.

Dabu dabu

Ikan dori yang telah siap diolah, kemudian dimasak menggunakan wajan anti lengket dengan minyak yang tak terlalu banyak. Angkat ikan dori jika telah berwarna kecoklat-coklatan. Minyak sisa goreng ikan, jangan dibuang. Masukkan ke dalam dabu-dabu yang telah disiapkan. Aduk rata dan masukkan air panas. Setelah itu, masukkan kemanggi dan aduk rata. Daan … ikan dori dabu-dabu pun siap dinikmati bersama nasi panas. Kalau disajikan dengan hiasan yang menarik dan disajikan secara cantik, keluarga semakin berselera makan. Di restoran, masakan seperti ini dihargai lebih mahal. Padahal, kalau mau lebih hemat, bisa buat sendiri di rumah. Yummy .... 




Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

12 komentar:

  1. Aku paling ga suka masak ikan, gorengnya itu lho.. Suka meletus2.. Mending beli aj kalo pengen makan ikan ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idaaa, kalo yang ini wajib dicoba. Goreng minyak dikit. Lagian, bisa minta tolong pak suami :p

      Hapus
  2. Jadi dabu dabu itu seperti 'salad' ya makk? Hhmmm pantesan di pizza hut ada menu baru, pizza dabu dabu.. Jadi penasaran nih pengen nyobain dabu dabu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener banget :). Patut dcoba, mbaa. Mudah dan seger pedes :)

      Hapus
  3. Udah pernah makan dabu2 tapi ikannya beda. Ya ampun pedes kecut tapi nikmat. Kalau tekniknya masterchef itu kalau goreng ikan nggak boleh dibalik. Jadi digoreng sebentar di sisi kulit, trus dibakar sebentar. Nggak boleh mentah & nggak boleh kematengan. Susah ya kalau ala chef

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Lusi, dabu-dabu emang pas dimakan dengan segala jenis ikan. Aku senang juga kalau dabu-dabunya pedes kecut seger. Waah nikmatnyaa. Iya bener, ikan cukup dibalik dua kali, mbaa :). Makanya lebih enak jadi koki rumahan aja. Hehehe

      Hapus
  4. wah enak banget. pertama kali makan ikan dori2 adikku yang masak krn dia memang ajgo masak jadinya rasanya mantap

    BalasHapus
  5. tak kira dabu2 apa mbak, ternyata potongan cabe dan tomat ya, aku belum pernah makan ikan dori mbak, enak ya pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, mbaa. Bumbu utamanya emang itu. Hiihii.
      Enak, mba. Bisa dicoba drmah, mbaa :)

      Hapus
  6. kalau ditanya komunitas blogger apa yang paling ngehit belakangan ini, tak lain adalah KEB, komunitas lain sudah banyak yang tidur, hehe


    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah ya, mas. InsyaAllah smoga akan makin banyak komunitas blogger yang nge hits :)
      Terima kasih, mas

      Hapus