Selasa, Maret 01, 2016

Asyiknya NGOPI Bareng Nova



Sudah sejak lama saya selalu membeli Tabloid Nova. Bagi saya, Nova adalah tabloid yang lengkap. Ada rubrik  peristiwa, resep makanan, rubrik konsultasi, cerita pendek dan rubrik menarik lainnya. Nah, beberapa pekan lalu saat membaca Nova, tertulis bahwa akan ada kejutan terkait Ulang Tahun Nova ke 28 Tahun. Ah, kejutan seperti apa yang dimaksud? Saya pun penasaran. Di Nova edisi berikutnya tertulis bahwa ada acara Ngopi Bareng Nova yang dilaksanakan Jumat, 26 Februari di Restaurant Birdcage Parc di Melawai Jakarta, khusus untuk blogger dan vlogger. Usai membaca pengumuman kegiatan itu saya pun kemudian mengirim pesan singkat yang tertera untuk mendaftar. Tapi pesan pendek saya tak terbalas. Saya kemudian memutuskan menghubungi langsung ke kantor Nova. Syukurlah, nama saya langsung terdaftar untuk mengikuti Ngopi Bareng Nova.    


Tiup lilin kru Tabloid Nova
Jumat, 26 Februari pukul 14.00 WIB saya langsung meluncur menggunakan ojek online ke lokasi pertemuan. Setengah jam kemudian tiba dan teryata acaranya belum dimulai. Ada dua narasumber yakni Annisa Steviani, seorang blogger sekaligus ibu bekerja dan Romy Palar, Redaktur Foto Tabloid Nova.


Awalnya Iis R. Solaeman selaku Pemimpin Redaksi Nova menyampaikan peran perempuan yang kebanyakan memilih menomorsatukan keluarga. Perempuan, katanya, ibarat ‘jantungnya keluarga’. Hmm, benar juga ya. Apalagi menjadi istri tak pernah ada sekolahnya. Dengan hadirnya Nova diharapkan bisa menjadi sahabat perempuan untuk saling berbagi tanpa menggurui. Narasumber pertama yakni Annisa menyampaikan materi tentang “Cerdas menjadi Ibu dan Blogger Berbayar”. Ada dua pertanyaan utama yang terlontar yakni :

1.    Mengapa harus ngeblog?
2.    Mengapa banyak brand yang tertarik untuk beriklan di blog?


Menjawab kedua pertanyaan itu, Annisa menceritakan awal mula ia membuat blog tiga tahun lalu untuk curhat terkait persiapan pernikahannya. Kerjasamanya dengan brand-brand baru terjadi pada Januari 2015. Seringkali, banyak orang mencari informasi di google dan berakhir di blog. Ini dkarenakan orang lebih percaya kisah nyata pengalaman seseorang dibandingkan membaca advetorial. Blog umumnya lebih jujur dibandingkan advetorial. Di acara itu, Annisa mengatakan untuk konsisten ngeblog, harus memiliki niat yang kuat. Ada kiat yang dikatakan Annisa kepada para peserta. Setiap hari, ia datang ke kantor jam 7 pagi dan menghabiskan dua jam untuk menulis di blog. Kebetulan,jam 9 pagi baru jadwal dia bekerja. Ia pun menerapkan hari-hari yang khusus untuk wajib menulis di blog. Terkait bahan tulisan, menurutnya banyak yang menulis tentang kehidupan sehari-hari, cerita tentang anak dan sebagainnya. Annisa menyarankan untuk memiliki keunikan tersendiri pada materi di blog. Misalnya ia yang menulis tentang pengalamannya tentang daycare anaknya. Alhasil, beberapa orangtua memasukkan anak ke daycare yang sama dengan anaknya Annisa. Namun bagaimana pun content is the king!  

Lalu apa saja point pendukung agar sukses ngeblog? Teryata salah satu faktornya adalah memaksimalkan sosial media. Cara ini bisa dilakukan dengan menciptakan branding. Misalnya membuat akun beberapa media sosial dengan nama yang sama. Akun media sosial ini harus yang mudah diingat. Selain itu, kita juga harus rajin share ke sosial media. Mengikuti lomba blog juga merupakan salah satu cara untuk menikmatkan kemampuan menulis blog. 


Nah, hal yang menarik lainnya adalah terkait pendapatan hasil ngeblog. “Gaji saya dari blog lebih besar daripada gaji dari kantor,” kata Annisa. Apaah?? Wah, ini yang buat saya ngiler untuk melakukan hal yang sama. Tapi bagaimana caranya? Teryata ada beberapa sumber mendapatkan job yakni dari agency atau PR Brand. Bisa juga melalui influence marketing platform. Nah, influence marketing platform ini adalah pencari kerja khusus untuk blogger. Nah ketiga adalah keaktifan di komunitas. Annisa merasa dulu sebelum masuk komunitas, ia merasa dirinya paling keren dalam menulis. Namun setelah bergabung di beragam komunitas, dia merasa banyak hal yang harus dipelajari. 


Materi fotografi yang asyik!
Materi kedua yang juga menarik adalah materi tentang fotografi oleh Romy. Materi yang dibawakan adalah “Memaksimalkan Tampilan Blog dengan Foto yang Cantik”. Romy memberikan beberapa materi memotret tentang makanan, fashion and beauty, travel photograpy. Untuk memotret makanan harus diperhatikan komposisi, pencahayaan dan menambahkan garnish atau properti pendukung. “Jangan pakai flash karena akan ada bayangan dan pencahayaan jadi hancur,” kata Rommy. Selain itu, hasilnya pun menjadi tidak alami. Romy pun menyarankan agar tidak terpaku pada satu angle agar foto yang dihasilkan lebih bervariasi. Untuk memotret fashion dan beauty model harus sejajar dengan fotografer dan kita harus mencari lokasi yang sesuai dengan tema. Agar hasil maksimal, juga harus memperhatikan golden hours untuk memotret. Dengan memperhatikan golden hours ini, kita akan mendapat kualitas cahaya terbaik saat ingin memotret di luar ruangan. 


Pembahasan tentang travel photography ini adalah materi yang saya tunggu. Maklum, karena seringkali saya bepergian sehingga sayang jika tidak terekam dengan baik. Selain harus menguatkan tekad misalnya bangun pagi untuk mendapat sunset juga harus memperhatikan hal lain. Sebelum bepergian ke tempat wisata, sebaiknya memperkaya wawasan dengan bertanya ke penduduk setempat, mencari informasi di google dan sebagainnya. 



Jangan lupa juga untuk membawa power bank!. Benda kecil ini menjadi penyelamat jika batrai habis. Tentu kita tak ingin momen bagus terlewat hanya karena batrai habis. Apalagi di tempat wisata, agak jarang menemukan colokan listrik (aih, apa ya nama resminya. Hihii). Obyek foto tidak hanya pemandangan saja. Tapi juga bisa makanan khas, baju daerah dan sebagainnya. Saya sendiri sering kali terpaku pada memotret pemandangan saja. Oh iya, sudah jauh-jauh tapi nggak maksimalkan waktu selama traveling, sepertinya percuma. Jadi, jangan segan untuk mengeksplore beragam hal selama traveling dilakukan. 



Kedua narasumber menyampaikan materi secara santai namun padat dan berisi. Jadi, tak ada kesan menggurui. Pertanyaan demi pertanyaan yang terlontar dari peserta dijawab dengan tepat. Misalnya jenis kamera apa yang harus dibeli untuk food blogger. Di materi fotografi, para peserta diberikan kesempatan untuk memotret makanan yang disediakan oleh Nova. Awalnya para peserta terkesna malu-malu, namun kemudian beberapa peserta mencoba mempraktekkan langsung memotret. Oh ya, ‘Ngopi Bareng Nova’ ini menjadi semakin ‘hidup’ karena ulah Robby Leo, sang MC. Saya berulangkali tertawa karena ulah MC ini. Tingkahnya konyol namun seru! 



Wajah-wajah bahaia dapat hadiah. Sumber DISINI
Selain ilmu yang didapat, beragam hadiah menarik pun diterima peserta Ngopi Bareng Nova. Pertama kali registrasi, peserta langsung tergabung di Klub Nova secara gratis tanpa mengeluarkan uang Rp 50 ribu. Saya yang sejak lama ingin bergabung di Klub Nova akhirnya terwujud. Mengapa saya tertarik? Karena dengan terdaftar dengan Klub Nova bisa mendapat beraneka diskon mulai dari diskon 10 hingga 50 persen! Diskonnya pun beragam mulai dari diskon di toko buku, hotel, kacamata, permainan air hingga beraneka tawaran diskoon di berbagai restauran. Jaman segini, siapa yang tak minat diskon yang beragam seperti ini? 


Tak hanya itu saja tawaran menariknya, beraneka doorprize pun tersedia. Mulai dari live IG competition yang disponsori Softex Daun Sirih berhadiah makan di restoran hingga doorprize penggundian kartu nama yang buat ngiler. Pengundian kartu nama ini berhadiah tas travel lipat hingga uang tunai Rp 300 ribu. Ada juga live tweet competition dari Nova dengan hastag #NGOPINOVA #28Novaversary. Juga ada tawaran berlangganan Nova 3 bulan sebesar Rp 98 ribu tentu tak saya lewatkan. Hadiah berlangganan langsung diperoleh yakni tas travel lipa serta dompet manis. Itu saja? Nggaaak! Masih ada blog competition bagi peserta yang hadir di “Ngopi Bareng Nova”. Kesempatan ini tentu bakalan diminati oleh para peserta. Walaupun tak sempat menikmati makan bersama, kegiatan hari itu menyenangkan. Ditambah lagi saya bertemu dengan kawan-kawan blogger yang selama ini hanya saya temui di dunia maya. Acara Ngopi Bareng Nova emang benar-benar seru! Baiklah, sampai jumpa di kegiatan Nova berikutnya ….  







Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

22 komentar:

  1. waah, asyik sudah ikutan lombanya juga..moga menang yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin. Makasih, mbaa Eni. Sukses jugaa mbaaa :)

      Hapus
  2. Btw mba yang duduk di sebelahku kan, ya? yang dari Pal Merah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Palmerah alias nama tempat mba Eni. Hehheee.

      Hapus
  3. Ih acaranya seru bingit...beruntung hadir yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah mba. Iya seru pake bangeet. Hehhee.Makasih, mba :)

      Hapus
  4. Pengen deh sesekali ikutan acara yang kayak beginian. Bisa nambah ilmu, nambah pengalaman dan nambah relasi tentunya. Semoga sukses, ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk, mbaa. Sesekali ikutan mbaa. Nggak rugii deh. Amiin doanya. Sukses jugaa mbaa

      Hapus
  5. Wah asyik ya gatheringnya..... sukses selalu mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbaa Maritaa ;). Makassih yaa :)

      Hapus
  6. Seru sekali acaranya. Sayang keberuntungan blm banyak berpihak, tdk seperti blogger lain yg sering dpt undangan ke suatu event :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuuk mba Siethi kapan2 ikut. Aku ya baru skali ikut yang khusus blogger gitu. Hhehee

      Hapus
  7. Balasan
    1. Mbaa Tutii, kita malah tegur sapa pas pulang yaaa :)

      Hapus
  8. Aku baca nova dulu banget..harusnya sekarang mulai baca ya. Jangan baca majalah remaja aja hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, mbaa. Baca Nova menurut jadi paket lengkap mbaa :)

      Hapus
  9. Gak cuma ngopi ini mah. Tapi ngopi plus plus. Duh, kapan Nova ngadain juga di Malang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener yamba. Ngopi plus plus. Hiii. Semoga Nova berkesempatan mengadakannya di Malang ya mba Annisaa :)

      Hapus
  10. Acaranya bermanfaat banget ya. Coba deh acara yang kayak gini dibanyakin. Pasti mantep! Huehuehue

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoaa bangeet. Ilmu menjadi semakin bertambah, mas :)

      Hapus
  11. Jaman dulu banget, Tabloid NOVA salah satu bacaan di rumah, mamaku & tante yang tinggal dii rumah rajin beli tabloid ini. Ku pasti baca Tabloid NOVA hasil lengeseran bacaan mama & tante. he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai skarang. Tabloid Nova masih jadi bacaan favorit aku ;)

      Hapus