Minggu, Oktober 11, 2015

Bolu Tape Lezat


Belakangan, saya senang sekali membeli tape. Setiap kali ke kantor pada pagi dan melewati Pasar Palmerah, saya kerap membeli tape. Ada beberapa penjual tape yang menjual tape nikmat dengan harga Rp 10 ribu per kilogram. Alhasil, kerap saya membeli namun tak langsung di olah. Terkadang, tersimpan di kulkas kemudian di olah 2 atau 3 hari kemudian. 

Nah, karena tape yang dibeli Kamis belum dikonsumsi, Jumat saya langsung berniat  eksekusi menjadi makanan. Masak apa ya? Jika dibuat minuman sepertinya kurang pas. Maka, saya pun mengolah tape menjadi bolu tape. Ada beberapa persyaratan memilih tape sebelum di olah menjadi bolu.

Saya menggunakan resep dari website ricke-ordinarykitchen.blogspot.co.id. Resepnya di adaptasi dari Majalah Femina No 27 tahun 1999. Namun saya modifikasi dikit. Sumber awal menggunakan santan, saya memilih menggunakan susu kental manis. Karena bahan dasarnya adalah tape, ada beberapa persyaratan sebelum menggunakan tape. Pertama, gunakan tape yang sudah agak tua. Biasanya tak terlalu keras tapi juga tak terlalu lembut. Tape yang digunakan juga sebaiknya tidak berair. Saya pernah gunakan tape yang baru dikeluarkan dari kulkas. Entah mengapa, jadi agak bantet. Hehehh . Kalau ingin manis, penambahan gula dipersilahkan. Sesuai selera. Dan menurut saya yang paling penting adalah mengaduk adonan sampai kental.

Saat memasak bolu tape, saya lupa menaburkan keju di atas adonan. Untungnya, adona kue masih di api bawah. Jadi, sebelum saya pindahkan ke api atas, buru-buru saya taburkan keju parut sesuai selera. Oh ya, ini resepnya :

                                                                              Bolu Tape Buatan saya

Bahan :
300 gram tape singkong dibuang sumbunya
75 gram susu kental manis
180 gram tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder (kemarin saya lupa. Hiks)
5 butir telur (saya hanya pakai 4 butir)
180 gram gula pasir
½ sdt essence vanili
150 gram margarin dilelehkan (tunggu lelehan dingin dulu ya baru dimasukkan)
50 gram keju chedar parut

Taburan :
50 gram keju cheddar parut

Cara membuat :
1.        Loyang turban disiapkan. Namun sebelumnya oleh margarin dan taburi terigu tipis. Setelah itu panaskah oven hingga 160 derajat celcius.
2.        Tape singkong dihaluskan dan di campur dengan susu kental manis hingga rata. Sebelum dicampur susu, pastikan kalau tidak ada sumbu tape di dalam adonan. Sisihkan
3.        Kocok telur, gula pasir dan sp hingga benar-benal kental. Ini penting ya, harus kental dan adonana berwarna putih. Lalu tambahkan essence vanili. Saya menggunakan essence vanili yang di bawa dari Ambon. Padahal vanili ini dibuat di Sidoarjo. Hahahaa. Tapi bau-nya saya suka sekali.
4.        Lalu masukkan adonan tape singkong dan mixer dengan kecepatan rendah. Masukkan margarin yang sudah dicairkan secara perlahan
5.        Tambahkan campuran terigu sedikit demi sedikit. Kemudian aduk dengan spatula. Terakhir tambahkan keju parut
6.        Masukkan adonan ke dalam loyang dan masak selama 45-60 menit. Saya biasanya masak menggunakan api bawah kemudian setelah agak lama saya pindahkan ke api atas. Jangan lupa lakukan tes tusuk.
7.        Angkat dan biarkan sebentar dalam loyang sebelum dipotong-potong. Silakan menikmati J

Saya menikmati bolu tape dengan segelas the manis panas ditemani Ayyas. Nikmatnya berkumpul bersama keluarga menikmati makanan hasil karya sendiri J

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar